Saturday 2 May 2015

Mac Saya Makin Lambat ?


Setelah pemakaian beberapa lama ( dan tanpa kita sadari ), mungkin kita akan merasakan Mac kita yang semakin lambat, baik saat log in, pembukaan aplikasi, atau bahkan saat aplikasi .... Dan yang terjadi,  teman-teman kita yang menyalahkan memory ( RAM ) yang tidak cukup. Walaupun tidak semua, saya akan coba memberikan beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat buat Mac User
1.     Management File
a.     Kenalilah Mac anda. Sering saya temui Mac User menaruh file nya ditempat yang     tidak semestinya, mulai sekarang biasakan file anda hanya di taruh di Documents folder
b.     Jangan Menaruh file atau dokumen di desktop layar mac anda, selain terlihat berantakan, itu memperlambat kinerja awal Macbook anda.

c.  Hindari menyimpan file yang sama lebih dari 1 kali. Seringkali mac user tidak            menyadari jika selama ini mereka menyimpan file ( seperti musik, photo, movie )      lebih dari satu file. Ini berarti 1 file memakan space di Hard drive 2 kali lipat, bayangkan jika ada ratusan file .... Wow !! misalkan untuk musik, iTunes app. akan menyimpan file di 

Coba Buka pembahasan disini cara menghapus file duplikat di macbook


2. Repair Disk Permission
Kadang tanpa kita sadari, force turn off, force quit application, atau mengganti privilages (hak atas suatu folder atau file ) kadang bisa menjadi penyebab terjadinya masalah permission disk. untuk itu kita bisa gunakan Aplikasi Disk Utility ( /Applications/Utilities/ ) untuk mengatasinya.

Buka Disk Utility app. pilih startup disk kita, klik First Aid, klik Repair Disk Permission. Waktu yang dibutuhkan untuk proses tergantung dari besar disk dan banyaknya file dan folder kita.


3. Login Items yang menumpuk 

Login Items adalah sesuatu yang akan terbuka secara otomatis saat kita log-in ke account kita, tanpa kita sadari menumpuk menjadi banyak. Masalahnya saat kita log-in banyak sekali system dan file yang di up-load dalam satu waktu, plus Login Items membuat menjadi lebih berat komputer kita. Akhirnya setiap log-in kita akan melihat bola pelangi yang berputar cukup lama. Saran saya adalah jika ada aplikasi yang kita buka setiap hari, lebih baik dibuka  secara manual, biarkan system bekerja dengan standard tanpa dibebani dengan Login Item Untuk menghilangkan login Item, buka system preferences klik item yang diinginkan lalu klik tanda minus "-" untuk menghilangkan Login Items.


4. Tutup aplikasi yang tidak diperlukan
Mac OS X adalah aplikasi yang sangat stabil, tetapi jika kita membuka begitu banyak file dan aplikasi tentu saja itu akan memakan Memory ( RAM ), jadi tutupsemua aplikasi yang tidak di perlukan, untuk lebih pastinya aplikasi mana saja yang terbuka secara cepat, kita bisa lihat icon aplikasi yang ada di dock, jika ada sinar biru dibawah icon, tandanya aplikasi sedang terbuka.


5. Pergunakan Activity Monitor app.
Activity Monitor adalah app. utilities yang berfungsi memonitor aktifitas dari komputer kita, dengan aplikasi ini kita bisa memantau pemakaian memory.

6. Preferences Files yang korup 
Aplikasi default dari Mac OS X biasanya menyimpan settingan-nya ( preferences ) di /Users/Home/Library/Preferences dalam bentuk .plist file.
dan .plist file ini bisa saja korup sehingga membuat aplikasi Mac OS X kita menjadi lamban atau malah error seperti muncul gambar pelangi berputar atau aplikasi tidak berjalan semestinya.
kita bisa menghapus file seperti ini ( pastikan dengan extension .plist ), dan jika kita membuka kembali aplikasi yang bersangkutan, aplikasi tersebut akan membuat .plist file yang baru jika aplikasi tersebut tidak menemukan .plist yang lama.

7. Hard disk yang hampir penuh 
Photo, Musik, dan file Film adalah file-file yang sangat berpotensi menghabiskan space hard disk kita, jika memang jarang digunakan ada baiknya jika kita menaruh file-file tersebut di eksternal hard disk.
untuk mengetahui berapa free space dari dari hardisk kita, klik volume icon di kanan pojok atas lalu tekan command+i ( klik kanan &  Get Info )



Thanks Yuhari ^^

1 comments:

tanyaapple.blogspot.com

basic mac yang belajar dasar produk Apple

^_^

Tanya Apple . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates